Blog dari Daniel Aquaries Pratama
Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Kebiasaan menunda nunda pekerjaan adalah kebiasaan manusia yang sulit untuk dihilangkan. Selain itu Piers Steel berkata bahwa 95 dari 100 suka menunda nunda pekerjaan. Memang sikap menunda nunda pekerjaan sulit kita hilangkan, tapi masih ada cara untuk mencegah kebiasaan itu timbul dan bertumbuh menjadi kebiasaan hidup. Caranya dengan menjadwal setiap waktu yang akan kita lakukan di kesehariannya. Misalnya per hari kegiatan apa saja yang akan kita lakukan, dan harus diutamakan kegiatan yang paling penting terlebih dahulu. Ketika kegiatan yang paling penting sudah selesai maka kita bisa mengerjakan kegiatan yang lain mulai dari kegiatan biasa sampai kegiatan yang tidak penting sekali pun. Intinya dalam menjadwal waktu keseharian utamakan lah kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Ditambah dalam penyelesaiannya juga kita harus memberikan deadline atau batas waktu dalam mengerjakan kegiatan kegiatan yang kita jadwalkan tersebut. Dengan ada deadline akan muncul tekanan pada diri kita untuk segera menyelesaikan kegiatan tersebut yang mana dapat melatih diri kita untuk disiplin.
Sebenarnya apa sih dampak negatif dari kegiatan yang hanya menunda nunda pekerjaan? Dampak negatifnya dapat dirasakan pada diri sendiri dan berefek pada mental dan jiwa kita. Bila kita terlalu sering menunda nunda pekerjaan bisa saja kita menjadi stress, pusing, bingung akan melakukan apa, dan bahkan kehilangan pekerjaan atau kesempatan yang tepat dalam mendapatkan hasil yang baik. Oleh karena itu kebiasaan menunda nunda pekerjaan harus di cegah, karena dengan mencegahnya maka kita sudah melakukan yang terbaik untuk diri kita sendiri.
Ok sahabat, kembali ke bagian menjadwal kegiatan. Dalam menjadwal kegiatan pasti banyak pekerjaan yang penting harus kita selesaikan terlebih dahulukan? Selain itu dengan tambahan deadline baik dari diri sendiri atau dari orang lain yang memberikan kita tekanan untuk melatih kedisiplinan kita bukan? Tapi apakah dalam mengerjakan tugas itu tidak menutup kemungkinan gangguan tidak akan datang, karena gangguan pasti datang. Gangguan seperti Gadget, telepon dari teman, chat dari teman, dan sebagainya. Dari gangguan inilah yang membuat kita tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Nah, oleh karena itu ada cara yang tepat agar kita bisa fokus untuk suatu pekerjaan penting kita, yaitu dengan melakukan deep work. Deep Work itu yang mana kita melakukan pekerjaan dengan fokus tanpa menghiraukan adanya gangguan dari manapun. Caranya yang pertama pasti fokus terlebih dahulu pada pekerjaan kita, kemudian yang kedua jangan hiraukan gangguan dari manapun termasuk gadget. Selanjutnya yang ketiga cari tempat yang paling nyaman bagi diri kita untuk melakukan deep work. Yang keempat usahakan pekerjaan selesai sebelum waktu deadline. Kemudian yang kelima selama pengerjaan harus tetap tenang yang didampingi fokus, agar diri kita tidak jenuh dalam melakukan deep work, dan bila kita perlu istirahat maka istirahatlah, jangan paksakan diri untuk terus melanjutkan bila merasa sudah terlalu lelah.
Nah, itulah cara dari saya agar deep work dapat terlaksana dan mencegah kebiasaan menunda nunda pekerjaan. Cara dari saya mungkin agak berbeda dari yang diajarkan oleh orang orang lain, karena "Dalam menyelesaikan permasalahan gunakanlah cara sendiri dan cara orang lain sebagai referensi saja".
Sekian dari blog saya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang ada. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 🙏🙏😊😊
0 komentar:
Posting Komentar