Langsung ke konten utama

Rangkuman Acara Belajar Di rumah TVRI tanggal 12 Mei 2020 (SMA/Sederajat)

Blog dari Daniel Aquaries Pratama


Matematika

Transformasi Geometri


   Halo sahabat, apakah kalian pernah berwisata ke suatu tempat atau monumen seperti : Monas, Candi Borobudur, Museum, dan lainnya? Jika sudah apakah kalian pernah berfikir tentang bentuk arsitektur nya? Jika kalian lihat ada berbagai macam bentuk arsitektur yang sebangun dan juga kongruen atau sama besar. Nah, kali ini akan mempelajari tranformasi geometri. Transformasi geometri itu contohnya seperti refleksi yang mana bangunan menerapkan ukuran yang sama persis seperti di cerminkan. Contoh lainnya yaitu dilatasi. Dilatasi ini menerapkan konsep sebangun yang mana memperbesar atau memperkecil ukuran, ukuran bagunan tidak harus sama besar tapi bentuknya sama. Bangunan yang menerapkan contoh dilatasi adalah Candi Borobudur yang mana candi paling puncak ukurannya paling besar sedangkan candi yang dibawahnya lebih kecil tapi semua candinya berbentuk sama. 

   Ok sahabat, sekarang waktunya masuk ke materi transformasi geometri. Yang pertama adalah translasi geometri dan yang kedua adalah refleksi. Ayo kita pahami.

1. Translasi geometri
   Translasi adalah perpindahan atau pergeseran titik pada bangun geometri pada arah dan jarak yang sama, konsep translasi geometri ada pada gambar dibawah ini.


   Kesimpulannya, titik A(x,y) di translasi kan oleh T = [a b] maka x kita tambahkan dengan a dan y kita tambahkan dengan, maka menjadi A'(x + a,y + b).

Contoh soal :
1. Tentukan bayangan dari titik - titik segitiga PQR dengan titik P(3,4), titik Q(-1,1), dan titik R(2,-4) oleh translasi oleh translasi T = [2 3] !

Jawab : 
- Bayangan titik P(3,4)
P(3,4) translasi T[2 3] = P'(3 + 2,4 + 3) = P'(5,7)

- Bayangan titik Q(-1,1)
Q(-1,1) translasi T[2 3] = Q'(-1 + 2,1 + 3) = Q'(1,4)

- Bayangan titik R(2,-4)
R(2,-4) translasi T[2 3] = R'(2 + 2,-4 + 3) = R'(4,-1)

Hasilnya seperti gambar berikut ini :




2. Tentukan bayangan dari garis 4x + 5y = 17 ditranslasi oleh T[7 -5]

Jawab : 
Misalnya titik (x,y) adalah titik pada garis 4x + 5y = 17.

- Bayangan titik (x,y)
(x,y) translasi T[7 -5] = (x + 7,y + (-5)) = (x',y')

Jadi :
- x + 7 = x' → x = x' - 7 ...... (1)
- y - 5 = y' → y = y' + 5 ...... (2)

Substitusi kan garis/pers (1) dan (2) ke persamaan garis 4x + 5y = 17

4(x' - 7) + 5(y' + 5) = 17
→ Kemudian kita anggap (')/aksennya tidak ada maka jadi ↓
→ 4x - 28 + 5y + 25 = 17
→ 4x + 5y - 28 + 25 = 17
→ 4x + 5y - 3 = 17
→ 4x + 5y = 17 + 3
→ 4x + 5y = 20

Jadi bayangannya adalah 4x + 5y = 20.

2. Refleksi 
   Refleksi adalah proses mencerminkan setiap titik pada bangun geometri terhadap sebuah garis tertentu. Refleksi ini memiliki 3 konsep berikut dalam gambar.

Konsep 1



Konsep 2



Konsep 3


Kesimpulan dari ketiga konsep tersebut yaitu :

- P(x,y) dicerminkan sumbu x → P'(x,-y)
- P(x,y) dicerminkan sumbu y → P'(-x,y)
- P(x,y) dicerminkan titik asal 'o' → P'(-x,-y)
- P(x,y) dicerminkan y = x → P'(y,x)
- P(x,y) dicerminkan y = -x → P'(-y,-x)
- P(m,n) dicerminkan x = a → P'(2a - m,n)
- P(m,n) dicerminkan y = b → P'(m,2b - n)


Contoh soal :
1. Tentukan bayangan titik A(5,-7) jika dicerminkan terhadap :
a. Sumbu x
b. Sumbu y
c. Titik asal o
d. y = x
e. y = -x

Jawab :
a. A(5,-7) dicerminkan sumbu x → A'(5,7)
b. A(5,-7) dicerminkan sumbu y → A'(-5,-7)
c. A(5,-7) dicerminkan titik asal 'o' → A'(-5,7)
d. A(5,-7) dicerminkan y = x → A'(-7,5)
e. A(5,-7) dicerminkan y = -x → A'(7,-5)

2. Tentukan bayangan titik B(8,5) jika dicerminkan terhadap :
a. x = 3
b. y = -5

Jawab :
a. B(8,5) dicerminkan x = 3 → B'(2 × 3 - 8,5) =  B'(-2,5)
b. B(8,5) dicerminkan y = -5 → B'(8,2 × (-5) - 5) = B'(8,-15)


   Nah sahabat, itu materi dari Tranformasi Geometri. Apakah kalian masih merasa bingung? Kalau masih bingung, kalian bisa lihat video di bawah ini. 👇👇

Link : https://youtu.be/aW4hhb5VkTo




   Demikian dari blog saya. Semoga bermanfaat, terima kasih. 🙏🙏😊



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Acara Belajar Di rumah TVRI tanggal 5 Mei 2020 (SMA/Sederajat)

Blog dari Daniel Aquaries Pratama Matematika Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat y = ax² + bx + c y = x² - 2x - 3 a = 1, b = -2, c = -3 >> Titik potong dengan sumbu x → (y = 0) y = x² - 2x - 3 0 = x² - 2x - 3 → (difaktorkan) → 0 = (x - 3) (x + 1) Dari pemfaktoran tersebut maka dapat ditemukan x1 dan x2 → x1 = 3 → x2 = -1 (Menemukan x1 dan x2 sama dengan hasil dari pemfaktoran tersebut hanya saja tandanya diganti yaitu bagian sama dengannya yang dapat merubah sifat bilangannya yang awalnya positif jadi negatif ataupun sebaliknya.) Maka dengan itu ditemukan koordinatnya → (3,0) dan (-1,0) >> Titik potong dengan sumbu y → (x = 0) y = x² - 2x - 3 x = 0 y = 0 - 0 - 3 y = -3 Maka dapat ditemukan koordinatnya → (0,-3) >> Sumbu simetri (Garis yang membagi grafik jadi 2 bagian) Rumus : x = - b/2a y = x² - 2x - 3 x = - -2/2 × 1 x = 2/2 = 1 x = 1 Maka dapat ditemukan koordinatnya → (1,0) ...

Perintah dasar Sistem Operasi

Nama : Daniel Aquaries Pratama No. Absen : 14 Kelas : X Multimedia 2 Tugas : KJD  A. Sistem Operasi Linux     OS Linux merupakan sistem operasi yang canggih dengan harga yang relatif murah.  Selain itu Linux juga biasa disebut sebagai OS yang open source. Linux/GNU digunakan untuk rujukan untuk keseluruhan distro Linux yang disertakan program atau aplikasi guna menunjang sistem operasi Linux. Agar dapat berjalan nya sistem operasi Linux dengan baik maka diperlukan perintah - perintah dasar, sebagai berikut. 1.   adduser  Untuk menambahkan user atau pengguna baru ke sistem. 2. addgroup  Untuk menambahkan grup baru ke sistem. 3. apt-get  Untuk mencari dan melakukan instalasi paket software (untuk Debian). 4. bash  Untuk GNU Bourne Again Shell. 5. bzip2  Untuk melakukan kompresi atau dekompresi. 6. break  Untuk menghentikan atau keluar dari proses loop. 7. cd  Untuk mengganti atau berpind...

Perangkat Komputer

Nama : Daniel Aquaries Pratama (14)               Arif Fathul Nu'aim Abdillah (7) Kelas  : X Multimedia 2 Pengertian Perangkat Komputer Lengkap Pengertian Perangkat Komputer Lengkap - Sebuah perangkat komputer biasanya identik dengan perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software ) yang sering  digunakan untuk melengkapi kinerja komputer dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Pengertian Perangkat Komputer Lengkap Perangkat komputer adalah sebuah komponen-komponen yang ada pada komputer yang memiliki dua jenis perangkat yaitu perangkat lunak dan perangkat keras, yang dimana komponen tersebut sudah sering dilihat sehari-hari. Perangkat Keras (Hardware) Perangkat komputer yang pertama adalah hardware atau perangkat keras, yaitu sebuah komponen-komponen komputer yang wujudnya dapat dirasakan atau dipegang. Ada beberapa macam golongan yang ada di perangkat keras hardware pada k...