Langsung ke konten utama

Rangkuman Acara Belajar Di rumah TVRI tanggal 29 April 2020 (SMA/Sederajat)

Blog dari Daniel Aquaries Pratama

Mainan Edukatif


   Kita pasti senang bermain bukan? Apalagi saat dulu masih kecil, tidak lupa selalu bermain dan juga terkadang berebut dengan sesama karena sangat menikmatinya mainan tersebut. Tapi apakah kita pernah berpikir bahwa mainan itu tidak hanya bisa menghibur tapi juga bisa memberikan pendidikan yang positif bagi kita. Contohnya mainan edukatif, mainan edukatif itu mainan yang hampir sama seperti mainan lainnya namun pembuatannya sangat memperhatikan rambu rambu yang dibuat berdasarkan umur yang akan menggunakannya. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mainan edukatif? Pastinya banyak berdasarkan jenis jenisnya yang berbeda, salah satu manfaat yang dapat didapatkan dari anak adalah melatih daya ingat dan melatih agar otak kanan dan otak kiri bisa bekerja sama.


   Seperti tadi yang baru saya ucapkan, dalam pembuatan mainan edukatif harus memperhatikan rambu rambu yang tepat berdasarkan umurnya. Ya itu betul, karena dibedakan berdasarkan level level tertentu setiap anak. Mainan edukatif bagi anak anak harus berbentuk yang sesuai dengan umur anak anak agar disukai oleh mereka seperti hewan dan lainnya. Mainannya pun juga harus berukuran besar agar tidak ditelan oleh anak anak dan mainannya tersebut tidak boleh runcing agar tidak membahayakan saat dipakai. Mainan yang seperti itu sering kita temui terlebih lagi yang terbuat dari kayu, kayu yang biasanya dipakai adalah kayu belanda karena bahannya ringan dan teksturnya kuat. Dalam proses pembuatan mainan kayu tersebut berurutan, pertama membuat pola dari komputer kemudian dicetak dan pola tersebut digunting. Kedua, pola tadi di tempelkan ke kayu kemudian kayu dipotong berdasarkan pola yang sudah ditempelkan. Ketiga, kayu yang sudah dipotong harus di amplas agar menjadi halus. Keempat, kayu yang sudah halus maka diberi warna kemudian dijemur sampai 15 menit, lalu diberi warna lagi agar lebih mengkilap dan kemudian dijemur lagi sampai kering. Untuk proses yang kelima adalah proses pengemasan yang mana mainan yang sudah jadi akan dikemas dan siap untuk dipasarkan.


   Mainan mainan edukatif yang sudah dibuat dan dikemas tadi, maka selanjutnya adalah dijual. Lalu bagaimana proses penjualan nya atau metode apa saja yang dipakai? Proses penjualan hampir sama dengan penjualan penjualan barang barang lainnya, metode nya pula tidak jauh berbeda. Metode pertama bisa menjual mainan di toko sendiri dengan memajang mainan mainan di dalam toko. Metode kedua bisa lewat internet dengan memasukkan data mainan ke website sendiri.

   Itu semua adalah penjelasan tentang mainan edukatif yang dapat memberikan dampak baik bagi penggunanya, sepastinya juga bagi anak anak. Tapi apakah kalian bingung, inikan pembelajaran untuk SMA/Sederajat kenapa diisi tentang mainan edukatif untuk anak anak? 


   Sebenarnya ini lebih merujuk kepada kita anak SMA/Sederajat untuk bisa melakukan wirausaha sendiri, bisa wirausaha kecil kecilan seperti contohnya usaha mainan edukatif ini yang memberikan banyak manfaat. Ingin berwirausaha seperti apa saja itu boleh yang terpenting adalah memberikan manfaat bagi diri sendiri dan sesama, dan juga bisa mendapatkan keuntungan dengan usaha dan kerja keras sendiri.


   Sekian dari blog saya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang ada. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih. 🙏🙏😊😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Acara Belajar Di rumah TVRI tanggal 5 Mei 2020 (SMA/Sederajat)

Blog dari Daniel Aquaries Pratama Matematika Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat y = ax² + bx + c y = x² - 2x - 3 a = 1, b = -2, c = -3 >> Titik potong dengan sumbu x → (y = 0) y = x² - 2x - 3 0 = x² - 2x - 3 → (difaktorkan) → 0 = (x - 3) (x + 1) Dari pemfaktoran tersebut maka dapat ditemukan x1 dan x2 → x1 = 3 → x2 = -1 (Menemukan x1 dan x2 sama dengan hasil dari pemfaktoran tersebut hanya saja tandanya diganti yaitu bagian sama dengannya yang dapat merubah sifat bilangannya yang awalnya positif jadi negatif ataupun sebaliknya.) Maka dengan itu ditemukan koordinatnya → (3,0) dan (-1,0) >> Titik potong dengan sumbu y → (x = 0) y = x² - 2x - 3 x = 0 y = 0 - 0 - 3 y = -3 Maka dapat ditemukan koordinatnya → (0,-3) >> Sumbu simetri (Garis yang membagi grafik jadi 2 bagian) Rumus : x = - b/2a y = x² - 2x - 3 x = - -2/2 × 1 x = 2/2 = 1 x = 1 Maka dapat ditemukan koordinatnya → (1,0) ...

Perintah dasar Sistem Operasi

Nama : Daniel Aquaries Pratama No. Absen : 14 Kelas : X Multimedia 2 Tugas : KJD  A. Sistem Operasi Linux     OS Linux merupakan sistem operasi yang canggih dengan harga yang relatif murah.  Selain itu Linux juga biasa disebut sebagai OS yang open source. Linux/GNU digunakan untuk rujukan untuk keseluruhan distro Linux yang disertakan program atau aplikasi guna menunjang sistem operasi Linux. Agar dapat berjalan nya sistem operasi Linux dengan baik maka diperlukan perintah - perintah dasar, sebagai berikut. 1.   adduser  Untuk menambahkan user atau pengguna baru ke sistem. 2. addgroup  Untuk menambahkan grup baru ke sistem. 3. apt-get  Untuk mencari dan melakukan instalasi paket software (untuk Debian). 4. bash  Untuk GNU Bourne Again Shell. 5. bzip2  Untuk melakukan kompresi atau dekompresi. 6. break  Untuk menghentikan atau keluar dari proses loop. 7. cd  Untuk mengganti atau berpind...

Perangkat Komputer

Nama : Daniel Aquaries Pratama (14)               Arif Fathul Nu'aim Abdillah (7) Kelas  : X Multimedia 2 Pengertian Perangkat Komputer Lengkap Pengertian Perangkat Komputer Lengkap - Sebuah perangkat komputer biasanya identik dengan perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software ) yang sering  digunakan untuk melengkapi kinerja komputer dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Pengertian Perangkat Komputer Lengkap Perangkat komputer adalah sebuah komponen-komponen yang ada pada komputer yang memiliki dua jenis perangkat yaitu perangkat lunak dan perangkat keras, yang dimana komponen tersebut sudah sering dilihat sehari-hari. Perangkat Keras (Hardware) Perangkat komputer yang pertama adalah hardware atau perangkat keras, yaitu sebuah komponen-komponen komputer yang wujudnya dapat dirasakan atau dipegang. Ada beberapa macam golongan yang ada di perangkat keras hardware pada k...