A) Web 2.0—The Social Web
1. Teknologi Kunci yang Memungkinkan Web 2.0
2. Peluang bagi Organisasi Bisnis
3. Tantangan bagi Organisasi Bisnis
B) Social Networking Services and Communities
Setidaknya Platform Jejaring Sosial dengan fitur-fitur sebagai berikut:
1. User Profiles: Halaman identitas digital tempat pengguna berbagi informasi tentang diri mereka, seperti foto, minat, pekerjaan, dan status.
2. Jaringan Koneksi: Kemampuan untuk terhubung dengan orang lain, baik sebagai "teman" (Facebook), "koneksi" (LinkedIn), atau "pengikut" (Instagram, X/Twitter).
3. News Feed: Aliran konten yang dipersonalisasi dari koneksi dan halaman yang Anda ikuti, diatur oleh algoritma untuk menampilkan yang paling relevan.
4. Grup dan Komunitas: Ruang virtual untuk orang-orang dengan minat yang sama untuk berdiskusi dan berbagi informasi.
5. Instant Messaging: Fitur obrolan pribadi untuk komunikasi langsung.
6. Berbagi Konten: Kemampuan untuk mengunggah dan membagikan berbagai format media, termasuk teks, gambar, video, dan tautan.
C) Engaging Consumers with Blogs and Microblogs
Bagaimana Blog dan Microblog Memfasilitasi Komunikasi Global?
1. Kecepatan dan Jangkauan Instan: Sebuah berita dapat dibagikan dan menyebar ke seluruh dunia dalam hitungan detik melalui retweet atau share.
2. Demokratisasi Informasi: Siapa pun yang memiliki akses internet dapat menjadi penerbit. Ini memungkinkan suara-suara yang sebelumnya tidak terdengar (aktivis, jurnalis warga) untuk menjangkau audiens global.
3. Percakapan Global: Penggunaan tagar (hashtag) seperti #AI
atau #GlobalWarming
memungkinkan orang dari berbagai negara untuk berpartisipasi dalam diskusi publik yang sama pada topik tertentu.
4. Komunikasi Langsung Para pemimpin dunia, selebriti, dan merek dapat berkomunikasi langsung dengan audiens mereka, menciptakan rasa kedekatan dan transparansi yang belum pernah ada sebelumnya.
D) Mashups, Social Metrics, and Monitoring Tools
1. Mashups
2. RSS (Really Simple Syndication)
3. Monitoring Tools
1. Bagi Organisasi Bisnis
- Mashup: Memungkinkan inovasi cepat dengan biaya rendah dengan memanfaatkan layanan yang sudah ada.
- RSS: Cara yang efektif untuk mendistribusikan konten (seperti postingan blog perusahaan) kepada audiens yang paling setia.
- Monitoring Tools: Sangat penting untuk intelijen bisnis. Karena pihak bisnis dapat mengukur sentimen publik terhadap merek, mengidentifikasi keluhan pelanggan, memata-matai strategi kompetitor, dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran.
2. Bagi Pengguna Individu
- Mashup: Memberikan pengalaman yang lebih banyak dan terintegrasi (misalnya, melihat ulasan restoran di peta).
- RSS: Cara yang sangat efisien untuk mengikuti banyak sumber berita dan blog.
E) Knowledge Sharing in the Social Workplace
1. Enterprise Social Networks - ESN: Platform seperti Slack, Microsoft Teams, atau Workplace from Meta.
2. Wiki Internal: Seperti Wikipedia, tetapi hanya untuk internal perusahaan.
3. Platform Kolaborasi Dokumen: Layanan seperti Google Workspace atau Microsoft 365 yang memungkinkan banyak orang untuk mengedit dokumen, spreadsheet, atau presentasi secara bersamaan dan real-time.
4. Blog Internal: Digunakan oleh pimpinan untuk berkomunikasi visi perusahaan atau oleh tim untuk memberikan pembaruan proyek secara transparan kepada seluruh organisasi.
Tujuan utamanya adalah mengubah pengetahuan yang sebelumnya "terkunci" di email atau kepala individu menjadi aset komunal yang dapat diakses dan dicari oleh siapa saja di perusahaan.
Komentar
Posting Komentar